Daftarkan Bisnis Pertamini Anda Agar Resmi Dan Berani

Posted on

Bisnis pertamini adalah bisnis yang diyakini paling menguntungkan untuk saat ini. bagaimana tidak, bisnis pertamini ini memiliki konsumen pasar yang sangat luas yakni semua orang yang memiliki kendaraan bermotor baik itu roda 2 atau bahkan roda 4.

Menjalankan bisnis pertamini ini tak semudah yang kita bayangkan saat menjalankan. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum berani membuka usaha pertamini ini. langkah awal inilah yang nantinya akan berpengaruh pada keberhasilan bisnis pertamini Anda.

Persiapan Wajib Sebelum Membuka Usaha Pertamini

Persiapan wajib yang harus sempurna sebelum membuka usaha pertamini ini bisa dibagi menjadi beberapa macam. Mulai dari lokasi, modal awal, alat, hingga surat izin resmi untuk bisnis pertamini Anda.

  • Lokasi

Lokasi akan sangat menentukan bagaimana bisnis Anda berjalan dan berkembang. Pilihlah lokasi yang strategis yakni di seberang jalan besar sehingga banyak kendaraan yang berlalu-lalang di depannya.

Namun, Anda juga harus mencari lokasi yang jauh dari SPBU agar bisnis Anda tetap potensial setiap harinya. Anda juga harus memastikan jika lingkungan penjualan bensin Anda harus terhindar jauh dari  tempat-tempat yang rentan terjadi kebakaran seperti pabrik kain, tempat jual gorengan, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan terjadinya kebakaran.

  • Mesin pertamini

Selain melihat dari lokasi, mesin juga harus Anda pikirkan. Pasalnya, mesin ini adalah alat yang akan sangat berperan dalam usaha bisnis Anda. modal awal yang kiranya harus dikeluarkan adalah sekitar 11.700.000 yang mana untuk pembelian alat sebesar 10.000.000 dan untuk modal bensin awal sebesar 1.600.000 dan sisanya untuk keperluan listrik setiap bulannya.

Cara Urus Surat Izin Resmi Bisnis Pertamini

Bukan hanya melihat dari peluang usahanya saja, karena selaku pelaku bisnis Anda juga harus memikirkan terkait legalitas dari bisnis yang Anda jalankan dan menjadi sukses dengan bisnis Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurus surat izin resmi untuk bisnis pertamini Anda.

  • SIUP Kecil

SIUP kecil ini diperuntukkan bagi Anda yang mendapatkan keuntungan bersih sekitar 50 juta hingga 500 juta di setiap bulannya. Angka ini sudah termasuk nilai jual tanah dan juga nilai jual bangunan.

  • SIUP menengah

Angka selanjutnya adalah yang dikategorikan menengah di mana yang memiliki keuntungan mulai daro 500 juta hingga 10 milyar.

  • SIUP besar

Saat Anda memiliki keuntungan lebih dari 10 M, maka sudah saatnya Anda terkena dan membuat SIUP yang golongan besar.

Selain penggolongan SIUP, saat Anda akan mengajukan surat permohonan izin usaha, maka Anda harus melengkapi beberapa syarat di bawah ini seperti adanya surat formulir yang didapatkan langsung dari pertamina serta dari kementerian perindustrian dan perdagangan. Di dalam kementerian ini, nantinya Anda akan mendapatkan seperti form yang harus diisi dan juga didukung dengan perlengkapan yang lain.

Pertama, Anda juga sudah harus mengantongi surat izin dari lingkungan setempat yakni dari RT, RW, desa, kecamatan. Dengan adanya surat izin ini, maka Anda akan bisa memproses surat izin ke tahapan yang lebih tinggi. Jangan heran juga jika nantinya Anda akan dikenai biaya dalam pembuatan surat izin resmi ini sesuai dengan beban keuntungan dari usaha yang akan Anda dapatkan. Jadi, membuat surat izin usaha ini sangat mudah karena Anda tinggal mengurus beberapa surat yang diperlukan. Prosedur ini begitu mudah saat Anda menaati semua prosedur yang ada dan jangan menyepelekannya. Yuk, buat usaha Anda menjadi usaha yang resmi agar tampil lebih berani.