Spek Mesin Pertamini Yang Harus Dimengerti

Posted on

Bisnis pertamini adalah bisnis yang saat ini sangat manis. Pasalnya, bisnis ini memiliki konsumen yang begitu banyak di mana semua orang yang memiliki kendaraan bermotor baik yang beroda 2 atau bahkan roda 4 bisa menjadi pelanggan Anda. sehingga tak heran banyak orang yang akan menjalankan bisnis menantang yang satu ini.

Bisnis ini sebenarnya hampir sama dengan berjualan bisnis eceran seperti biasa. namun, perbedaannya terletak pada alat yang digunakan. Jika bisnis eceran hanya menggunakan botol-botol yang menggunakan corong saat penuangan, maka bisnis ini akan menggunakan mesin elektrik yang hampir sama dengan yang ada di SPBU. Hal yang membedakan antara keduanya adalah hanya terletak pada kapasitas atau daya tamping dari mesin elektrik yang digunakan.

Mesin yang digunakan untuk berjualan ini tentunya akan berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Apakah itu mesin dengan kapasitas yang besar dengan jenis tangki yang semacam atau sebaliknya yang memiliki jenis tangki 2 macam, dengan kapasitas yang terbagi juga.

Spek Mesin Pertamini Yang Harus Dimengerti Sebelum Membeli

Alat-alat pertamini ini bisa dibagi menjadi berbagai macam. Intinya, sebelum Anda membeli Anda harus mengerti terlebih dahulu terkait spek antara masing-masing alat yang jelas berbeda satu sama lain. Pilihlah alat yang kiranya akan mudah dioperasikan.

  • Spek flow sensor

Jenis alat pertama yang banyak digunakan untuk berjualan bensin adalah dengan spek low sensor. Alat ini adalah alat yang paling rendah jika dibandingkan dengan yang lain. Biasanya, alat ini hanya akan menggunakan alat ukur yang dinamakan dengan sensor Aichi. Alat ini tentunya yang paling sederhana jika dibandingkan dengan yang lain karena untuk masalah takarannya tak konsisten. Artinya, Anda harus rajin mengecek takaran alat ini untuk setiap harinya.

  • Spek Assymeter

Spek selanjutnya dari alat digital yang biasa digunakan untuk berjualan bensin adalah spek assymeter. Alat ini biasanya disebut sebagai semi SPBU. Pasalnya, dalam alat ini telah digunakan sensor yang hampir sama dengan sensor yang dipasang pada alat SPBU.

  • Spek original rakitan

Jenis spek alat elektrik yang selanjutnya adalah spek original rakitan. Jenis alat ini sudah bisa dipastikan telah sesuai dengan tangki yang ada pada SPBU. Namun, yang membedakan alat ini dengan yang ada di pom adalah yang merakitnya. Di mana untuk alat ini sendiri hanya dirakit oleh produsen alat pertamini.

Jenis Mesin Elektrik Untuk Jualan Bensin

Bukan hanya spek sensornya saja yang dapat membedakan antara alat yang satu dengan alat yang lainnya karena bagian mesin ini juga bisa membedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

  • Jenis mesin manual

Jenis alat pertama yang biasanya dipakai adalah jenis manual. Alat ini masih memiliki banyak kekurangan. Pasalnya, alat ini hanya menggunakan engkol saat akan memompa minyak untuk dimasukkan ke gelas kaca. Hingga akhirnya baru akan bisa dialirkan ke selang penyambung ke motor. Alat ini bisa dikatakan ribet karena harus memompa setiap kali ada pembeli sehingga sudah mulai ditinggalkan.

  • Jenis mesin digital yang portable

Jenis kedua yang juga biasa digunakan untuk berjualan di rumah adalah jenis digital yang portabel. Jenis ini biasanya menggunakan alat penampungan untuk minyak yang masih diletakkan dalam satu cashing. Alat ini juga sudah mulai ditinggalkan setelah munculnya alat yang lebih modern.

  • Jenis mesin pendam

Jenis mesin ketiga ini hampir sama dengan mesin yang ada di SPBU, yakni menggunakan jenis mesin yang langsung dipendam ke tanah sehingga sudah tersambung secara otomatis dam sulit untuk dibongkar dan dipasang.

Jenis Pompa Yang Sering Digunakan

Bukan hanya melihat dari variasi mesin dan juga sensornya saja karena pompa ini juga membedakan antara jenis mesin yang satu dengan mesin yang lainnya. Jenis pompa sendiri akan dibagi menjadi 2 macam yang bisa Anda pahami sebelum membelinya.

  • Jenis pompa dengan gaya sentrifugal

Jenis pompa pertama yang banyak digunakan adalah dengan jenis pompa sentrifugal. Untuk jenis ini biasanya digunakan karena tingkat keamanan yang diberikan. Jadi saat menggunakan pompa ini maka akan aman dari berbagai macam tekanan dari minyak karena adanya modifikasi pada sirkulasi yang digunakan.

  • Jenis pompa gear

Jenis pompa kedua yang biasanya juga digunakan adalah jenis Gearpump. Jenis ini hampir sama dengan jenis pompa yang biasa digunakan di SPBU pada umumnya. Biasanya jenis pompa ini akan menggunakan motor untuk menggerakkan panbelt yang nantinya akan menggerakkan mesin tersebut.

Selain dari jenis mesin, sensor, dan juga pompa Anda juga harus melihat terlebih dahulu bagaimana kapasitas dari penyimpanan bensin yang ada. Kapasitas ini akan sangat berpengaruh karena beda jenis mesin juga beda kapasitasnya. Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu saat akan membeli mesin pertamini ini karena harga mesinnya yang tergolong tinggi sehingga jangan sampai ada kesalahan dalam pembelian mesin ini.